Tuesday 20 November 2012

Perancangan Aplikasi Pengambilan Keputusan Dalam Perekrutan Karyawan Pada PT. ARUN NGL



1.1       Latar Belakang Masalah

            Penerimaan pegawai oleh suatu perusahaan dalam menunjang aktivitas kerja perusahaan untuk kedepannya merupakan suatu momen yang cukup penting. Seleksi yang baik dan akurat dari penerimaan pegawai baru akan menghasilkan sumber daya kerja manusia terbaik bagi perusahaan tersebut. Faktor - faktor yang sudah menjadi suatu standar di perusahaan dalam seleksi penerimaan pegawai baru diantaranya wawancara, test tulis atau psikotes dan tes lapangan. Setiap faktor memiliki nilai bobot tersendiri. Nilai bobot dari tiap faktor inilah yang pada akhirnya akan dipakai sebagai perbandingan antara setiap pelamar sehingga diperoleh calon – calon pegawai yang sesuai dengan kriteria perusahaan itu sendiri. Pihak panitia penerimaan pegawai baru pada perusahaan hingga saat ini menggunakan cara manual dalam menentukan nilai akhir dari seluruh tahapan test dari seorang calon pegawai yang melamar. Penilaian tahapan test dengan jumlah pelamar kerja yang banyak akan menyulitkan pihak panitia penerimaan pegawai baru sehingga hasil penilaian dan pertimbangan pengambilan keputusan cenderung bisa dan subjektif.
            Untuk dapat memudahkan pihak panitia khususnya di PT. Arun NGL untuk menyelesaikan sebagian dari kerumitan-kerumitan yang sering dihadapi oleh pihak perusahaan dalam bidang perekrutan karyawan dibutuhkan suatu program khusus yang nantinya diharapkan dapat memudahkan pihak panitia untuk pengambilan keputusan dalam perekrutan karyawan.
            Dalam hal ini pihak panitia khususnya PT. Arun NGL menggunakan metode pengambilan keputusan Multi Factor Evalution Process (MFEP) dalam perekrutan karyawannya, sehingga keputusan yang diambil merupakan keputusan yang akurat, cermat dan tentu saja menguntungkan bagi yang bersangkutan dan juga bagi perusahaan.
            Atas dasar itulah penulis berinisiatif untuk merancang sebuah software aplikasi yang menggunakan bahasa pemograman Visual Basic. Yang nantinya diharapkan akan sangat membantu pihak perusahaan dalam menghasilkan sistem yang baik, maka  dari itu penulis mengajukan judul : “Perancangan Aplikasi Pengambilan Keputusan Dalam Perekrutan Karyawan Pada PT. ARUN NGL.

1.2       Tujuan Penulisan LKP

Adapun tujuan penulisan Laporan Kerja Praktek ini adalah :
1.      Merancang aplikasi pengambilan keputusan dalam perekrutan  
karyawan PT. Arun NGL menggunakan visual basic 6.0.
2.      Membuat sebuah aplikasi pengambilan keputusan dalam perekrutan
karyawan PT. Arun NGL menggunakan visual basic 6.0.

1.3       Metode Penulisan

            Untuk memudahkan penulis mendapatkan data yang diperlukan dalam menyelesaikan laporan, penulis menggunakan beberapa metode dan teknik pengumpulan data yang sangat mendukung kelancaran penulis dalam menyelesaikan laporan, yaitu:
1.      Studi Lapangan (Field Research)
Studi lapangan adalah studi yang dilakukan untuk mendapatkan data-data dan informasi yang terkait dengan Perancangan Aplikasi Pengambilan Keputusan Dalam Perekrutan Karyawan PT. Arun NGL. Untuk melakukan field research ini digunakkan teknik-teknik dalam pengumpulan data adalah sebagai berikut :
a.       Pengamatan (Observasi), adalah teknik pengumpulan data berdasarkan pengamatan langsung tentang Perancangan Aplikasi Pengambilan Keputusan Dalam Perekrutan Karyawan PT. Arun NGL.
b.      Wawancara (Interview), adalah teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara dan tanya jawab dengan instruktur atau staf lainnya yang relevansi atau yang ada hubungannya dengan perencanaan aplikasi yang akan dikembangkan.
2.      Studi Kepustakaan (Library Research)
Studi kepustakaan adalah studi yang dilakukan dengan cara penelusuran referensi untuk membangun landasan teoritis terhadap masalah Perancangan Aplikasi Pengambilan Keputusan Dalam Perekrutan Karyawan PT. Arun NGL.
3.      Studi Exsperimen (Exsperiment Reserch)
Studi exsperimen adalah studi yang dilakukan untuk mengimplementasikan atau merealisasi data-data yang diperoleh dari studi kepustakaan dan studi lapangan menjadi Perancangan Aplikasi Pengambilan Keputusan Dalam
Perekrutan Karyawan PT. Arun NGL yang berdasarkan landasan studi lapangan dan studi kepustakaan.

1.4       Sistematika Penulisan

Untuk memudahkan penyusunan laporan ini maka penulis menyusun sistematika penulisan yang terdiri dari beberapa bab, adapun sistem penyusunannya adalah sebagai berikut:

BAB I      Merupakan pendahuluan yang memuat tentang latar belakang masalah, tujuan penulisan, metode dan teknik pengumpulan data serta sistematika penulisan.
BAB II      Pada bab ini merupakan gambaran umum PT. Arun NGL Lhokseumawe yang menguraikan tentang sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi serta aktivitas perusahaan dan juga
BAB III   Tinjauan teoritis pada bab ini berisi  landasan teoritis yang menyangkut dengan judul.
BAB IV    Bab ini merupakan bab pokok yang menguraikan tentang Perancangan Aplikasi Pengambilan Keputusan Dalam Perekrutan Karyawan PT. Arun NGL yang berisi tentang metode kegiatan, ruang lingkup kegiatan, aspek analisa, perancangan sistem, kebutuhan dalam perancangan, pembuatan database, pembuatan DFD, relational, pembuatan ERD, desain form, desain report, hasil kegiatan. mencakup studi kelayakan program.
BAB  V    Pada bab ini berisi Kesimpulan  dan Saran

0 komentar :

Post a Comment

Acehomegazen
Luka Di Hati Bagaikan Luka Yang terbakar